Selasa, 06 Juli 2010

Singultus


Singultus adalah nama medis dari cegukan. Kenapa tiba-tiba saya membahas tentang cegukan?? Karena bagi saya cegukan adalah peristiwa yang sangat mengganggu sekali. Pada saat cegukan badan saya serasa sakit semua, rasanya perut saya kejang, apalagi kalau cegukan itu nggak berenti-berenti. Dan sangat naas bila kita mengalami cegukan di saat yang tidak tepat, di saat perkuliahan, saat kita ngobrol dengan seseorang yang penting, atau saat kita presentasi, wah....bisa malu bukan main. Mungkin banyak yang tidak tahu, sebenarnya apa yang terjadi di dalam tubuh kita pada saat cegukan , berikut penjelasannya :
Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik. Cegukan umumnya akan selesai dengan sendirinya, meskipun ada beberapa pengobatan rumah tangga (home remedy) untuk mempercepat cegukan, dan ada beberapa pengobatan yang dibutuhkan. Istilah medis untuk cegukan adalah singultus.
Cegukan terjadi ketika diafragma, otot di dasar paru-paru mengalami kejang. Kekejangan itu menyebabkan pita suara menutup dengan cepat dan terdengarlah suara keras cegukan. National Library of Medicine di Amerika Serikat mengatakan bahwa makanan pedas dan berbumbu serta asap tebal adalah pemicu cegukan. Pneumonia, radang selaput dada, atau kerusakan daerah tertentu di otak yang mengontrol pusat cegukan bertanggung jawab pada terjadinya cegukan.
Sebagian besar orang mengetahui bahwa cegukan akan dapat diatasi dengan minum air putih yang banyak. Namun kadang-kadang, walau minum banyak sampai perut kembung pun, cegukan tidak kunjung berhenti. Apalagi bila kita mengalami cegukan dalam kondisi kita “jauh” dari air, dan membutuhkan penanganan secepatnya. Suatu hari saya menemukan satu trik yang mungkin sebenarnya sudah trik lama di medis, namun banyak orang yang tidak mengetahuinya. Karena jujur saya baru mengetahuinya ketika menonton film Mr.Bean. Semua tingkah Mr.Bean itu konyol, dan tidak patut ditiru, namun untuk yang satu ini, kita bisa mencontoh tingkahnya. Yaitu mengatasi cegukan dengan menahan nafas. Tahan Nafas selama kurang lebih satu menit, dan walaaa…cegukan insyaallah akan menghilang, bila belum berhasil lakukan sekali lagi. Cara ini menurut saya lebih efektif, karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Bila anda ingin mengetahui Cegukan lebih dalam, dan ingin mengetahui  bagaimana cara  lain untuk mengatasinya yang lebih cocok dengan anda, silahkan buka link ini : 
http://medicine.ucsf.edu/education/resed/Chiefs_cover_sheets/Singultus.pdf

http://www.medterms.com/script/main/art.asp?articlekey=8895

Tidak ada komentar:

Posting Komentar