Kamis, 08 Juli 2010

Record Lagumu!


Siapapun yang suka bermusik atau bisa dibilang “anak Band” pasti punya harapan buat bikin lagu sendiri dan merekam lagu hasil cipta karya kita, agar bisa kita dengar berulang-ulang kali, dan bisa kita jadikan peninggalan buat anak-anak kita hehe..

Kalo ngomongin soal rekaman pasti yang ada di bayangan kita pasti mayor label, atau mahal, atau gak mungkin..
Tapi Itu dulu…sekarang kita tidak perlu susah-susah untuk record/merekam lagu ciptaan band atau ciptaan kita sendiri. Saya dan teman-teman saya sudah punya beberapa lagu yang sudah kami rekam dalam format mp3, dan bisa dimasukkan dalam handphone, MP3 player, I pod, laptop, dan music player lainnya. Walaupun lagu yang kita buat itu tidak terjamin bakal terkenal, tapi rekam lagu untuk konsumsi pribadi kita atau setidaknya menghargai hasil karya kita sendiri. Biasanya beberapa anak band sudah punya alat untuk record.
Saya menceritakan berdasarkan pengalaman saya saja ya..Band saya adalah band lokal jember, saya record kepada seorang teman anak band juga, yang memang sudah punya alat-alat untuk record, alatnya sangat minimalis, tapi hasilnya gak kalah bening dan gak kalah bagus dengan record di mayor label lo..
Kalau Record di studio biasanya ngitungnya per jam, dan harga perjam sekitar 00-500 ribu. Tapi kalau di garasi record Harganya Cuma 100-300 ribu, dan itu dihitung per lagu bukan perjam. Jadi tahapnya kita memainkan alat musik satu-satu secara giliran, pertama gitar, kemudian bass, dan seterusnya. Mungkin yang membedakan disini suara drum nggak pake suara drum asli, jadi suara drumnya pake lup. Tapi hasilnya tidak terlalu mengecewakan, menurut saya suara lup itu hampir sama persis dengan suara drum aslinya. Setelah semua suara alat musik dimasukkan, di mixing, jadilah sebuah lagu yang sudah lengkap komposisi suaranya. Tinggal take vocal. Setelah suara vocal masuk, dimixing, taraaa..lagu kita sudah siap disajikan di telinga kita. Kalau anda tertarik, silahkan hubungi Mas Mungki (087857732454). Orangnya di Jember sih, tapi mungkin saja dia punya referensi teman-teman yang punya profesi sama dia di kota anda.
Perbanyak koneksi anda di dunia musik, dengan berkenalan dengan anak-anak band lain pada saat latihan di studio, atau berkenalan dengan band yang datang untuk mengisi acara di berbagai event, pasti orang-orang yang punya hobi sama dengan anda punya banyak informasi yang bermanfaat untuk kemjauan hobi anda, termasuk hobi bermusik. Band saya sudah menuai hasilnya lo, setelah band kami merekam lagu kami, dan mengikutsertakan karya kami di satu kontes musik, kami mendapatkan penghargaan, dan setelah itu kami banyak mendapatkan job untuk mengisi beberapa event di kota jember. Hidupkan Musikmu..:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar